Cara Dan Tehnik Menambal Bak Semen Yang Bocor Dalam Tempo Singkat Dan Cepat

Memperbaiki bak ikan hias dari materi semen memang susah-susah gampang. Masih mending kalau bocornya itu posisinya berada di tengah ketinggian bak tapi kalau bocornya di bawah bagaimana? Atau Kalau bocornya di dasar bak atau di sudut bagaimana? Semenatara kita ingin bak ikan tersebut secepatnya diperbaiki. Nah Di bawah ini ada cara dan tehnik menambal bak semen yang bocor dalam tempo yang singkat dan cepat. Sebelumnya memang sudah dibahas mengenai cara memperbaiki bak ikan yang bocor namun cara alternatif ini layak kita coba bila cara pertama gagal atau terlalu usang pengerjaannya.

Memperbaiki bak ikan hias dari materi semen memang susah Cara Dan Tehnik Menambal Kolam Semen Yang Bocor Dalam Tempo Singkat Dan Cepat

Cara memperbaiki dan mengatasi bak ikan dari semen ini didapat menurut pengalaman sendiri. Kasus ini tepatnya untuk solusi cara menambal bak semen yang bocor sebab retakan, umumnya retakan sudut. Untuk alternatif solusi sebelumnya sanggup baca artikel bak sebelumnya.

Bahan : 
Semen sekering mungkin (jika kondisi manis masih bubuk dan ngebul).

Alat-alat   :
  • Lap kering / kanebo
  • Gergaji besi (tanpa gagang)
  • Karet ukuran 5cm x 5-6 cm, senyamannya sebagai pengganti kape, sanggup memakai kepingan sandal karet/jepit.
Caranya Menambal Kolam Semen Yang Bocor :
  1. Kuras bak hingga retakan tidak tergenang air (jika ada bak ada ikannya, maka pindahkan ke bak sebelah atau yang kosong memakai sangkar sementara). Jarak minimal antara retakan yang akan ditambal dan genangan air yaitu 10 cm. Jika retakan berada di paling dasar maka air harus dikuras habis dulu.
  2. Perbesar retakan memakai gergaji besi. kedalamanya minimal lebih 5 mm.
  3. Serap air di sekitar retakan dan dalam radius 5 cm memakai lap kering atau kanebo. jangan hingga kering.
  4. Taburkan semen kering, sisa air dalam retakan akan terserap oleh semen menjadi adukan/acian. sambil diurut supaya retakan tertutup dan terisi penuh. Pengurutan memakai kepingan sendal jepit.
  5. Keraskan acian dengan menambahkan semen kering sanggup dengan ditabur ataupun ditempel memakai kepingan sendal jepit. sambil diurut ibarat pengacian dinding tembok, dilakukan berulang-ulang hingga tambalan sekering mungkin.
  6. Angkat dan bersihkan semua sisa adukan yang tercecer disekitar tambalan semen, jangan hingga jatuh di tambalan yang sudah kering, angkat semua peralatan ke luar kolam.
  7. Tunggu 10 menit supaya matang, tes tambalan dengan mengusap tambalan memakai jari. kalau terasa lembap dan masih ada semen yang melekat pada jari maka belum matang. berikan perhiasan waktu 10 menit lagi.
  8. Jika tambalan sudah matang, eksklusif tambahkan air bak ibarat biasa, perhatikan selama proses pengisian air kalau tidak terjadi penguraian tambalan maka kalau ketinggian sudah cukup ikan sanggup eksklusif dimasukan ke dalam bak dan pemeliharaan ikan sanggup berlangsung ibarat biasa.
Penting!
Proses pematangan tambalan usahakan jangan hingga dalam kondisi hujan/gerimis ataupun malam/dini hari sebab pematangan tambalan jadi lama.

Jika keadaan terpaksa contohnya bak pompa yang ditambal dan sirkulasi air sudah harus dijalankan, disarankan untuk menutup tambalan supaya tidak terkena ARUS air. Bisa dengan plastik, plakban, kepingan karung dll. dan dikasih pemberat supaya penutupnya tidak bergerak dan tambalan terbuka terhadap arus air.

Untuk penambalan retakan sepanjang 5 meter selebar tapak gergaji besi kira-kira menghabiskan semen 1/2 kg.

Demikianlah ulasan lain dari cara mengatasi bak ikan yang bocor dan juga cara penanganan serta tehnik mengerjakannya di lapangan. Semoga tips ini sanggup bermanfaat bagi sahabat pembaca. Oke selamat mencoba. Memperbaiki sendiri sesuatu hal itu akan mendatngkan kepuasan dan keasyikan tersendiri pastinya.

Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Cara Dan Tehnik Menambal Bak Semen Yang Bocor Dalam Tempo Singkat Dan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel