Manfaat Asuransi Kesehatan Untuk Anak


Manfaat Asuransi Kesehatan Untuk Anak

Secara garis besar manfaat asuransi kesehatan anak memperoleh fasilitas yang sama dengan yang diperoleh oleh orang dewasa. Sebuah polis asuransi mempunyai manfaat yang sama secara keseluruhan baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak. Berikut ini penjelasan singkat mengenai manfaat asuransi kesehatan anak.

Manfaat Asuransi Kesehatan Anak

Manfaat asuransi kesehatan anak biasanya memberikan beberapa fasilitas dan layanan seperti check up rutin, imunisasi, kunjungan dokter, resep, rawat inap dan rawat jalan, gigi dan perawatan mata, laboratorium dan jasa x-ray, serta layanan darurat.

Di negara Indonesia sekarang ini, banyak orang yang tidak memiliki asuransi kesehatan sedangkan sisanya hanya dijamin oleh Jamsostek, Jamkesmas dan Askes. Seperti peribahasa sedia payung sebelum hujan, sebaiknya anda segera menyiapkan asuransi kesehatan pada anak anda sejak dini. Sebelum menghadapi biaya tak terduga ketika buah hati terkena penyakit.
Semua orang tua pasti menginginkan anak mereka tetap sehat, tidak ada orang tua yang mau anaknya jatuh sakit. Namun kita perlu untuk bersiap-siap memberikan proteksi untuk mencegah hal yang tidak kita inginkan.

Dalam merencanakan keuangan yang sehat, dana kesehatan wajib ada. Risiko kesehatan selalu mengintai, terlebih di tengah lingkungan hidup yang kian polutif. Dalam perencanaan keuangan yang ideal, pengelolaan risiko kesehatan tidak sekadar masalah pendanaan. Meliputi juga upaya pencegahan dengan menerapkan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi, ikut imunisasi, dan sebagainya.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Anak

Kebanyakan asuransi kesehatan hanya menjamin rawat inap. Sebaiknya, pilih asuransi kesehatan yang juga menjamin rawat jalan dan vaksinasi untuk balita. Asuransi kesehatan anak dengan fasilitas ini memiliki premi dengan tambahan biaya.

Jaringan Rumah Sakit yang Luas Klaim cashless tidak dapat dilakukan di rumah sakit yang tidak memiliki kerjasama dengan asuransi. Karena itu pilihlah asuransi anak yang memiliki jaringan kerjasama dengan berbagai rumah sakit. Pastikan rumah sakit yang anda pilih bekerjasama dengan asuransi kesehatan yang akan anda dipilih nantinya.

Periksa fasilitas rawat inap. Asuransi kesehatan individual, umumnya menjamin biaya rawat inap dengan rincian berupa biaya kamar per malam, kamar ICU, kunjungan dokter atau dokter spesialis, doketr anestasi, tindakan bedah, aneka perawatan, diagnosa dokter sebelum dan sesudah dirawat inap.
Pilihlah polis asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena perawatan ini yang biayanya paling besar. Jika memiliki dana lebih ambilah tambahan asuransi rawat jalan. Sebaiknya pilih yang menerima sistem pembayaran dengan kartu dan bukan sistem klaim atau penagihan untuk mempermudah Anda.

Saat masuk rumah sakit, anda tidak perlu membayar, namun cukup menyelesaikan tagihan dengan menggesek kartu asuransi. Gunakan sistem cashless karena sistem ini menandakan bahwa perusahaan asuransi dan rumah sakit tempat anak anda dirawat sudah bekerjasama dengan pihak Asuransi.
Anda pun bisa mengetahui polis anda memiliki sistem ini dengan cara bertanya ke pihak rumah sakit, karena sekarang ini setiap rumah sakit harus memiliki dan memasang mesin untuk menggesek kartu asuransi.

Pilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kemampuan finansial anda. Misalnya jika anda tidak perlu memaksakan diri untuk memperoleh fasilitas kamar kelas VIP apabila anda hanya mampu membayar premi untuk fasilitas kamar kelas 2.

Pada kenyataannya jijka nanti ketika anda memilih kamar yang lebih mahal, anda tetap dapat menggunakan premi dengan fasilitas kamar kelas 2, dan membayar selisih harga dengan dana darurat. Idealnya plafond asuransi kesehatan yang dipilih sesuai keinginan. Sesuaikan premi dengan kemampuan, jangan malah akan memberatkan keuangan.

Terkait produk asuransi yang cukup kompleks, seperti asuransi ini ada baiknya anda merenungkan dan menganalisa serta bila perlu lakukan riset, sebelum mengambil keputusan. Karenanya sangat tidak disarankan untuk mengambil keputusan seketika saat penawaran polis asuransi oleh telemarketing.

Untuk membeli sebuah produk asuransi terdapat banyak info detail yang tidak bisa disampaikan melalui hubungan telepon saja karena terbatasnya waktu. Kalau memang tertarik dan butuh waktu untuk memikirkannya, bisa minta nomer kontak pihak asuransi, yang nanti bisa hubungi ketika sudah siap. Demikianlah artikel manfaat asuransi kesehatan anak, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Asuransi Kesehatan Untuk Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel