Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Monitor Lcd Redup, Mati Atau Blank Sesuai Tahapannya

Halo teman caraperbaiki.com, Rasanya bagi teman pembaca yang suka ngulik dan memperbaiki sendiri kerusakan-kerusakan elektronik tentunya mempunyai keasyikan dan kepuasan tersendiri. Nah kali ini admin akan menunjukkan tips cara memperbaiki dan mengatasi Monitor LCD redup, mati atau Blank sesuai tahapannya dan beberapa penyebabnya yang sering terjadi. Jangan dulu panik dan buru-buru beli yang gres kalo kiranya teman sanggup memperbaikinya sendiri. Kecuali kalau tidak mau ribet ya silahkan bawa ke teknisi komputer di komputer dan monitor di kota anda.

 Rasanya bagi teman pembaca yang suka ngulik dan memperbaiki sendiri kerusakan Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Monitor LCD Redup, Mati Atau Blank Sesuai Tahapannya

Apabila monitor LCD yang rusak tersebut masih dalam masa garansi tentunya tidak akan menjadi permasalahan yang berarti, sebab kita masih sanggup claim garansi monitor LCD tersebut ke biro atau penjuan monitor. Namun, apa ajadinya kalau monitor yang mati atau meredup tersebut sudah habis masa garansinya? Tentunya kita harus mencoba untuk Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup tersebut.

Untuk membantu anda didalam mempelajari Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup, maka pada kesempatan kali ini inanesia.com akan mencoba mengembangkan ilmu cara memperbaiki monitor LCD komputer untuk anda. Anda cukup menyediakan sebagian waktu saja untuk mencoba beberapa langkah yang akan kami ulas dibawah.

Untuk mengerjakan Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup dibawah ini, pastikan masa garansi dari monitor LCD yang rusak sudah habis dan anda sudah mengerti sedikit mengenai dunia elektronika. Apabila anda mencoba membongkar LCD monitor komputer yang masih dalam masa garansi maka akan menciptakan garansi monitor LCD hangus.

Cara Memperbaiki Monitor LCD Komputer Mati atau Meredup

Berikut ini ialah beberapa langkah yang sanggup anda coba tempuh untuk memperbaiki Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup.
  1. Tahap pertama silahkan anda kenali power suply dari LCD monitor yang anda gunakan, apakah memakai eksternal adaptor atau internal adaptor. Apabila memakai eksternal adaptor, silahkan anda cek apakah indikator power pada LCD monitor menyala. Apabila yang rusak ialah penggalan ekternal adaptornya, maka tentunya kita tidak perlu direpotkan untuk membongkar LCD monitornya.
  2. Bagaimana kalau lampu indikator pada LCD monitor nyala? Kita sanggup menelusi dan harus memastikan kondisi kabel penghubung tidak kendor atau terputus. Silahkan anda gunakan voltmeter untuk memastikan tegangan listrik masuk hingga ujung konektor power suply. Besarnya tegangan power suply eksternal adaptor LCD monitor rata-rata 12 volt. Namaun sanggup saja berbeda. Anda cukup melihat besarnya tegangan pada body eksternal adaptor LCD monitor komputer.
  3. Cek juga konektor dari eksternal power suply ke LCD monitor. Pastikan sanggup terpasang dengan berpengaruh dan tidak kendor serta longgar. Lakukan hal yang sama pada pemasangan kabel VGA. Satu hal umum dan sering dianggap sepele ialah pada pemasangan konektor sumber listrik ke LCD monitor. Padahal penggalan utama dari penyalaan LCD monitor terletak dari sumber listrik. Apabila ada penggalan kabel dari eksternal adaptor yang terputus, maka tentunya LCD monitor tidak akan sanggup beroperasi.
  4. Apabila sesudah kita cek seluruh sistem pengkabel dan kelistrikan penggalan dari eksternal adapator LCD monitor dalam kondisi bagus, maka kita sanggup melanjutkan untuk membuka casing monitor LCD. Pada beberapa model LCD monitor komputer, kita harus membuka sekrup penguncinya terlebih dahulu. Namun demikian, ada juga casing LCD monitor yang hanya memakai pengait saja guna menyatukan casing LCD monitor.
Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup pada penggalan komponen eketronikanya

  1. Langkah pertama, silahkan anda cek penggalan regulator dan pastikan kondisi dalam kondisi bagus, kapasitor tidak ada menggelembung/bocor. Pastikan pula tidak ada jalur PCB yang rusak atau putus.
  2. Jika pada investigasi secara fisik ditemukan kapasitor yang rusak (menggelembung atau bocor), silahkan anda ganti kapasitor dengan yang gres dengan spesifikasi yang sama. Pada proses pemasangannya, jangan hingga kebalik kutubnya, baik kutub negatif maupun kutub positif.
  3. Jika anda menemukan adanya jalur pada PCB yang putus atau hangus, silahkan anda perbaikinya dengan cara menyambungnya kembali. Putus atau rusaknya jalur PCB pada regulator LCD monitor dikarenakan adanya panas yang berlebihan.
  4. Apabila pada pengecekan sederhana diatas tidak membuahkan hasil, maka anda perlu melaksanakan investigasi komponen lebih lanjut dan lebih detail. Untuk melaksanakan pengecekan komponen elektro lebih detail, maka anda harus mempunyai skill elektro yang lebih dalam. Anda sanggup mengecek komponen IC regulator dan inverter, transistor, resistor dan komponen-komponen lainnya. Biasanya penggalan yang sanggup dijadikan teladan baik rusaknya komponen terletak pada tegangan keluaran pada masing-masing komponen.
  5. Bagaimana cara mengatasi LCD monitor komputer yang blank, akan tetapi lampu indikator power pada LCD monitor masih menyala? Untuk mengatasi hal tersebut, kita sanggup cek penggalan konektor pada motherboard LCD, siapa tau ada kerusakan, adanya penggalan yang terputus atau adanya korosi pada konektor. Rata-rata, LCD monitor yang blank diakibatkan sebab konektifitas penggalan kabel pada motherboard LCD yang tidak bagus, baik longgar maupun terputus. Anda juga sanggup mencoba untuk membersihkan penggalan kabel fleksibel pada motherboard LCD monitor tersebut.
  6. Rata-rata, kabel fleksibel LCD monitor yang berkualitas buruk akan menciptakan beberapa kerusakan ringan, semisal LCD monitor yang blank, gambar bergetar/goyang dan lainnya. Untuk itulah anda harus mengecek dan memastikan pemasangan kabel dan konektor pada LCD monitor dalam kondisi berpengaruh dan kokoh.
Cara Memperbaiki Monitor Lcd Komputer Yang Mati atau Meredup diatas memang hanya berlaku untuk perkara kerusakan ringan saja. Untuk kerusakan yang berat ibarat LCD pecah dan retak cukup sulit untuk diperbaiki dengan teknik sederhana diatas. Kita harus membawanya ke daerah reparasi elektronika.

Mungkin ada satu catatan yang harus admin sampaikan pada teman pembaca, berhati-hatilah dalam memperbaiki barang-barang elektronik termasuk Monitor LCD ini sebab sanggup tersengat listrik. Nah agar dengan tips cara mengatasi dan memperbaiki Monitor LCD redup, mati atau blank ini sanggup membantu anda untuk mencoba memperbaikinya sendiri dulu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Monitor Lcd Redup, Mati Atau Blank Sesuai Tahapannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel