Cara Memperbaiki Dan Menambal Kolam Mandi Fiber Yang Merembes Dan Bocor Dengan Tuntas

Kamar mandi merupakan indikator suatu tempat nyaman atau tidak. Bila suatu tempat kamar mandinya higienis dan airnya tersedia dan jernih tentunya akan menciptakan penghuninya merasa nyaman dan betah. Beda lagi kalau kamar mandinya kotor dan jorok apalagi tidak ada air wah sanggup dijamin ga bakalan sanggup bikin kita betah berlama-lama ditempat itu. Nah bicara duduk kasus kamar mandi yang paling ngeselin ialah kalau kolam mandinya bocor. Di jaman ini kebanyakan kolam mandi berbahan fiber. Terus bagaimana cara memperbaiki dan mengatasi kolam mandi yang bocor ini? Nah di bawah ini ada beberapa cara memperbaiki dan menambal kolam mandi fiber yang merember dan bocor dengan tuntas dan benar tentunya.

Kamar mandi merupakan indikator suatu tempat nyaman atau tidak Cara Memperbaiki Dan Menambal Bak Mandi Fiber Yang Merembes Dan Bocor Dengan Tuntas

Sebenarnya ada 2 cara untuk memperbaiki kolam kamar mandi anda. Kalau contohnya anda tahu titik bocornya dimana dan hanya lubang kecil atau retakan kecil sanggup mencoba cara yang pertama dan simpel. Tapi kalau bocornya besar dan retakannya memanjang dan tidak niscaya bocornya di sebelah mana sanggup menggunakan cara yang kedua. Mari kita bahas satu persatu.

Tips Sederhana Memperbaiki Bak Mandi Fiber Bocor Yang Relatif Kecil

Alat Dan Bahan Yang di Butuhkan :
- Lem Silicon untuk Aquarium
- Pisau Cutter

Langkah pengerjaan
  • Kuras kolam mandi dan keringkan, kemudian temukan letak titik lokasi kebocoran. Setelah itu, bersihkan lokasi dari kotoran dan keringkan.
  • Jika titik kebocoran terlalu kecil, gunakan cutter (pemotong) untuk memperlebar titik bocor semoga proses perbaikan lebih mudah.
  • Ambil lem silikon untuk akuarium. Tempel lem ke tengah lubang dan kawasan di sekitar lubang.
  • Tunggu hingga lem benar-benar kering. Beberapa lem silikon sanggup menggumpal dalam waktu lima menit. Lem gres benar-benar mengering sehabis satu jam.
  • Gunakan cutter, potong dan ratakan tonjolan lem tidak merata. Kini, kolam mandi Anda sudah sanggup kembali digunakan.
  • Namun, semoga tambalan kuat, isi kembali kolam mandi selang sehari sehabis perbaikan. Kemudian, semoga air meluap tidak rembes masuk ke bab dalams truktur penyangga bak, bubuhkan lem silikon ke pinggaran kolam yang melekat ke struktur penyangga.
Nah Bagaimana gampang bukan? Cara ini sanggup anda lakukan dan juga gampang untuk dikerjakan. Bagaimana dengan masalah yang kedua? Dimana kasusnya kolam mandi fibernya sudah mulai berumur dan retak-retak dan tidak terang titik bocornya dimana? Mari kita bahas.

Cara Memperbaiki Bak Mandi Fiber Secara Tuntas Dan Menyeluruh

Sebelumnya saya mau bercerita sedikit dulu mengenai masalah yang satu ini. Awalnya saya berpikir untuk menggunakan cat aquaproof, dan saya cobalah mengecat dalaman kolam mandi dengan aquaproof. Harga cat aquaproof ini sekilo sekitar Rp. 50 ribuan hingga Rp. 60 ribuan. Ambilnya yang warnanya putih. Saya mengecat dua kali, ketika cat pertama kering kemudian dicat lagi.

Kamar mandi merupakan indikator suatu tempat nyaman atau tidak Cara Memperbaiki Dan Menambal Bak Mandi Fiber Yang Merembes Dan Bocor Dengan Tuntas

Lalu sehabis kering saya coba isi air. Ternyata alasannya ialah aquaproof ini fungsinya untuk cat tembok yang tidak terendam air (melindungi dari air sesaat) maka alhasil sehabis seminggu digunakan lapisan catnya bertahap mulai mengelupas dan balasannya kolam mandinya kembali bocor lagi. Ampun deh ternyata salah solusinya. Nah bagaimana kalau ada yang tanya cara memperbaiki kolam mandi air dari keramik? Coba baca artikel sebelumnya.

Akhirnya Ketemu Cara Tepat Menambal Bak Mandi Fiber Dengan Benar

Kebetulan ada kenalan yang memberitahukan wacana pemakaian cat kolam. Setelah di penilaian cara kerjanya balasannya saya membeli cat kolam di toko matrial. Kurang lebih ilustrasinya menyerupai gambar bawah ini, Kalau tidak salah harganya antara Rp. 50.000 – Rp.70.000.

Kamar mandi merupakan indikator suatu tempat nyaman atau tidak Cara Memperbaiki Dan Menambal Bak Mandi Fiber Yang Merembes Dan Bocor Dengan Tuntas

Ketika cat kolam dibuka, warnanya biru di bab atas, maka cat perlu diaduk hingga warnanya menjadi putih. Bisa diaduk dengan menggunakan kayu atau apapun untuk mengaduk. Aduklah hingga cat tercampur dan berwarna putih merata.

Cara pengecatannya ialah sebagai berikut:

1. Bak mandi fiber harus dikeringkan hingga benar-benar kering. Setelah airnya habis kemudian keringkan dengan lap atau bagusnya dengan lap kanebo sehingga sanggup kering dengan tuntas. Alihkan penampungan air ke baskom plastik besar dengan menggunakan selang dari keran.

2. Selanjutnya amplas halus fiber dengan amplas yang halus, semoga cat nanti melekat dengan baik. Bisa menggunakan amplas ukuran 2000.

3. Setelah kolam mandi kering, cat dengan cat kolam bab dalam kolam mandi tipis saja sebagai lapis pertama, kemudian biarkan kering paling tidak sehari. Karena kamar mandi saya tidak terkena sinar matahari, maka pengeringan mesti lebih usang dibandingkan kalau terkena sinar matahari. Pengeringan ini semoga cat benar-benar kering, mengingat fungsinya nanti terendam air, maka mesti benar-benar kering.

4. Setelah lapis pertama kering, cat lagi dengan cat kolam untuk lapis kedua, lebih tebal dari lapis pertama. Biarkan cat mengering hingga seminggu, semoga benar-benar kering. Jangan digunakan dulu kolam mandinya.

5. Setelah lapis kedua mengering, cat lagi dengan cat kolam untuk lapis ketiga, dengan tebal. Dan biarkan cat mengering paling tidak 1.5 minggu. Jangan digunakan dulu kolam mandinya.

6. Jika sudah kering, siram dengan air permukaan kolam mandi yang dicat sambil diusap-usap tangan, alasannya ialah ada lapisan licin yang mesti dihilangkan. Kemudia keringkan lagi kolam mandi paling tidak sehari.

7. Besoknya sudah sanggup coba diisi. Lalu dicoba dipegang dinding kolam mandinya, jangan hingga masih ada cat atau cairan licin yang menempel. Jika cat mengelupas atau terkikis, berarti belum kering benar. Bersabar lebih baik dibanding menambah kerusakan bukan? Dan hasil pengerjaan kita menjadi sia-sia. Bila sudah yakin maka selesai sudah proses penambalan kolam mandi fiber dengan sukses. Hasilnya lihat pada gambar, tidak kelihatan hasil tambalan bukan? Kinclong!

Kamar mandi merupakan indikator suatu tempat nyaman atau tidak Cara Memperbaiki Dan Menambal Bak Mandi Fiber Yang Merembes Dan Bocor Dengan Tuntas

Bagaimana? Praktis bukan? Hanya dengan modal yang tidak seberapa dan modal ketelatenan dan kesabaran maka kita sanggup mengatasi dan memperbaiki kolam mandi fiber yang bocor atau merembes dengan tuntas tanpa perlu membeli kolam mandi fiber yang gres yang harganya tentu lebih mahal.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Dan Menambal Kolam Mandi Fiber Yang Merembes Dan Bocor Dengan Tuntas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel