Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Rem Cakram Motor Seret Dan Macet

Bagi anda pemakai sepeda motor tentunya lebih nyaman ketika menggunakan rem cakram dalam berkendara. Di banding rem tromol rem cakram lebih nyaman, ringan dan kondusif untuk digunakan menurunkan kecepatan ataupun menghentikan kendaraan. Tapi terkadang muncul duduk kasus dalam penggunaan rem cakram motor ini yaitu rem cakram motor menjadi seret bahkan macet karena gesekan. Nah di bawah ini ada cara memperbaiki dan mengatasi rem cakram motor seret dan macet dengan tuntas. Bagi anda yang ingin mengetahuinya silahkan menyimak tutorial dan ulasannya di bawah ini.

Bagi anda pemakai sepeda motor tentunya lebih nyaman ketika menggunakan rem cakram dalam berkend Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Rem Cakram Motor Seret Dan Macet

Motor jaman kini baik itu motor matic, motor sport ataupun motor belibis biasanya sudah menjadi standard bahwa rem depan pastinya menggunakan rem cakram sebagai media pengeremannya. Kira-kira apa ya penyebab-penyebabnya? Sebagai catatan ketika rem cakram motor seret jangan hingga salah dalam cara mengatasinya dengan pertolongan minyak pada cakram malah berakibat rem jadi tidak pakem dan terasa blong. Pada pecahan rem ini dilarang ada kaitan penggunaan pelumas baik minyak maupun grease pada kampas rem atau pada pecahan rem lainnya kecuali pada sliding braket pemegang kalipernya. Penggunaan grease inipun sesungguhnya khusus yang tidak bereaksi terhadap karet yang dapat membuatnya memuai. Bila ini terlanjur dilakukan secepatnya basuh rem dan kampas rem dengan deterjen.

Faktor-Faktor Penyebab Rem Cakram Motor Menjadi Panas Dan Cara Memperbaikinya

Balik lagi pada duduk kasus utama yang menjadi faktor seretnya kampas rem depan ini. kampas rem dapat seret dapat disebabkan beberapa faktor yang harus dipahami degnan benar dari urutan paling ringan ke duduk kasus yang lebih rumit biar penyelesaian duduk kasus lebih efektif. Mari Kita cek satu persatu .

1. sliding braket pemegang kaliper macet.

Hal ini merupakan cek pertama sehabis melaksanakan pembongkaran kampas rem depan. minyak rem terlalu banyak, kemungkinan kedua dan terakhir yaitu seal piston kaliper macet. adapla pertolongan handle rem imitasi dapat menjadi penyebabnya jikalau terlalu banyak menekan piston kit master.

untuk melepas sliding braket yang macet dapat melaksanakan pemukulan pada braket hingga bergerak. apabila tidak ada pergerakan dapat menggunakan treker. dalam hal ini penggunaan treker akan di bahas kembali jikalau menemukan duduk kasus yang lebih berat. sehabis braket terlepas maka langkah selanjutnya memberi grease pada permukaan as sliding ini hingga pergerakan menjadi lancar.

2. Periksa Kampas Rem

Selanjutnya komponen yang wajib diperiksa karena diduga besar lengan berkuasa menjadi penyebab utama rem yang seret ialah kampas rem cakram motor. Perhatikan apakah posisi kampas tersebut terlalu menjepit piringan atau tidak. Jika iya, pantas saja pergerakan roda menjadi terasa berat. Hal ini biasanya terjadi ketika kita menggunakan kampas yang tidak standar atau terlalu tebal. Solusinya cobalah ampelas permukaan kampas tersebut biar sedikit lebih tipis.

3. Cek Kondisi Piston

Tidak ada salahnya Anda juga meragukan piston sebagai biang kerok seretnya rem cakram. Untuk memastikan keabsahannya, cek pinggiran piston kalau-kalau kondisinya terlalu kering sehingga menimbulkan piston tidak lentur ikut tertarik ketika pedal rem ditarik. Untuk mengatasi duduk kasus ini, cobalah bersihkan kaliper menggunakan air kemudian usapkan pelumas secukupnya.

4. Perhatikan Kondisi Per, Plat, dan Dudukan Kampas

Kondisi per, plat, atau dudukan kampas yang bengkok juga dapat menimbulkan rem motor seret lho. Hal ini terjadi karena jarak antara kampas dan rem menjadi lebih sempit. So, usahakan kemudikan motor Anda dengan cermat serta hindarilah memacunya di jalan yang berbatu dan ketika melewat polisi tidur. Namun bila per, plat, atau dudukan kampas sudah terlanjur miring, mau tak mau Anda harus membenarkan posisinya kembali menyerupai semula.

5. Rem Cakram Kotor

Tunggu dulu, rem yang kotor mampu menimbulkan perputaran roda menjadi seret? Yap, Anda tidak salah karena kotoran yang masuk ke rem khususnya piston akan mengganggu kinerjanya. Anda dapat membuang angin rem terlebih dahulu untuk mengatasi hal ini kemudian dilanjutkan dengan pencucian apabila rem masih seret. Namun jikalau duduk kasus ini masih terus dirasakan, Anda harus membongkar rem cakram kemudian mengganti komponen yang rusak.

Oya untuk duduk kasus lain yang biasa tejadi rem cakram yaitu rem cakram blong. Bagi sahabat pembaca dapat membaca tutorialnya pada Cara memperbaiki rem cakram blong atau masuk angin di artikel sebelumnya.

Bagaimana? cukup lengkap bukan? Demikianlah beberapa tips dari cara mengatasi dan memperbaiki rem cakram motor yang seret dan macet beserta faktor-faktor penyebab rem cakram motor seret dan macet sesuai aneka macam kemungkinan kerusakannya. Bagi anda yang mau mencobanya silahkan dari hal yang paling gampang duu sebelum di bawa ke bengkel. Tapi kalau maslahnya rkampas remnya sudah habis dan tipis sousinya ya diganti yang baru. Semoga tips ini bermanfaat bagi sahabat pembaca.Jangan lupa ikuti tutorial berikutnya dan ikuti Fanspage kami di Facebook.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Rem Cakram Motor Seret Dan Macet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel