Cara Memperbaiki Modem Rusak Menurut Penyebabnya Dengan Gampang Dan Lengkap

Kebutuhan internet sudah menjadi kepingan dari kehidupan masyarakat modern ketika ini. Salah satu penunjang kebutuhan internet ini yakni ketersediaan Modem pada perangkat anda. Modem disini yang saya maksud yakni Modem USB atau modem router yang biasa terhubung ke komputer atau laptop. Bagaimana jiga modem anda rusak, error dan tidak terhubung? Jangan kuatir, coba tips di bawah ini Cara Memperbaiki Modem Rusak Berdasarkan Penyebabnya Dengan Praktis Dan Lengkap. Modem kini justru lebih praktis alasannya yakni biasanya sudah sanggup terhubung otomatis dan tidak perlu setting sana sini menyerupai halnya modem jaman dulu yang masih memakai jaringan kabel telepon. Modem ketika ini sudah umum banyak yang memakai jaringan tanpa kabel alias wi-fi.

Kebutuhan internet sudah menjadi kepingan dari kehidupan masyarakat modern ketika ini Cara Memperbaiki Modem Rusak Berdasarkan Penyebabnya Dengan Praktis Dan Lengkap

Jenis-Jenis Modem Internet

Jenis-jenis modem ada beberapa macam. Ada yang berupa flash disk dengan port USB, ada juga yang menyerupai router dengan colokan kabel telepon (RJ11) untuk modem analog. Untuk ketika ini, bentuk fisik menyerupai flash disk lebih terkenal alasannya yakni pengguna cukup mencolokkan perangkat dan eksklusif sanggup dipakai. Eitsss, Anda harus tahu dulu yah perbedaan modem dan router hehehe

Sebagai salah satu perangkat keras jaringan komputer, sanggup dibilang modem yakni salah satu perangkat vital untuk menghubungkan Anda dengan dunia luar melalui internet. Apalagi di zaman serba maju ini, kebutuhan akan internet semakin terasa penting. Oleh alasannya yakni itu, modem harus selalu dalam kondisi baik dan prima semoga sanggup digunakan setiap saat. Namun, namanya juga perangkat elektronik, suatu ketika Anda akan mengalami dimana modem Anda tiba-tiba bermasalah atau rusak. Hal ini ditandai dengan tidak bisanya modem untuk terhubung ke internet.

Jenis Kerusakan Modem Internet

Kerusakan modem biasanya terjadi dari segi software atau malah hardwarenya. Untuk problem software, biasanya cukup diatur ulang saja. Sedangkan untuk problem hardware, biasanya terjadi alasannya yakni faktor usia dari perangkat modem tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara memperbaiki modem rusak. Cara-cara yang akan kami bahas cukup gampang dilakukan kok. Baiklah, mari kita simak cara-caranya:

Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Modem Rusak Atau Error

1. Setting Profile Modem

Salah satu penyebab modem tidak mau terhubung ke internet yakni terdapat kesalahan atau tidak adanya profil dari penyedia layanan internet yang digunakan. Profil ini memuat beberapa pengaturan teknis semoga modem tersambung dengan internet, mulai dari nomor akses, DNS Server, Proxy, Port yang digunakan, dan lainnya. Untuk memperbaiki hal tersebut, Anda harus melaksanakan beberapa langkah di bawah ini:
  • Buka software atau aplikasi bawaan (default) dari modem Anda. Biasanya ketika Anda mencolokkan modem ke komputer atau laptop, aplikasi tersebut sudah otomatis akan terbuka sendiri. Jika tidak terbuka, buka saja secara manual.
  • Pilih Options atau Setting
  • Pilih Profile Management
  • Tambahkan profil baru, dengan cara klik Add, kemudian isi kolom yang tersedia sesuai data yang diberikan oleh provider internet Anda. Apabila anda tidak tahu, Anda sanggup mencari informasinya melalui internet atau menghubungi call center dari provider internet Anda.
  • Klik Save untuk menyimpan profil yang gres saja dibuat.
  • Terakhir, gunakan profil yang gres Anda buat tadi untuk dial up modem Anda
2. Masalah Sinyal

Masalah kedua yang mengakibatkan modem tidak sanggup terhubung dengna internet yakni sinyal yang tersebar di kawasan tempat tinggal Anda cenderung lemah. Solusi dari problem ini adalah, dengan membeli kabel USB panjang yang tersedia di toko komputer. Lalu, hubungkan modem ke komputer memakai kabel tersebut.

Letakkan modem Anda di tempat yang tinggi semoga sanggup menjangkau sinyal dengan baik. Sesuaikan juga panjang kabel USB dengan kebutuhan Anda. Atau jikalau perlu, pasang kaset lingkaran bekas pada ujungnya secara bersamaan dengan modem. Posisikan kaset yang berwarna silver menghadap ke atas. Fungsi dari kaset ini yakni semoga penerimaan sinyal dari menara BTS ke modem sanggup lebih optimal dan maksimal tertangkapnya. Karena mengandalkan antena pada modem saja tidak cukup untuk mendapat sinyal yang optimal. Apalagi jikalau kawasan tempat tinggal Anda kurang terjangkau sinyal internet.

3. Disable Modem

Bisa jadi, penyebab modem Anda rusak dan tidak sanggup terhubung ke internet yakni alasannya yakni modem tersebut di-disable. Maksudnya, modem Anda dianggap “tidak difungsikan” oleh komputer atau laptop Anda. Sehingga, meskipun Anda sudah mencolokkan modem ke komputer atau laptop Anda, modem Anda tetap dianggap “tidak berfungsi”. Meskipun Anda sudah memakai modem 4G terbaik pun, jikalau modem tersebut tidak di-enable, maka tidak akan berfungsi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda lakukan beberapa langkah berikut:
  • Buka Control Panel dari Windows Anda, dengan cara klik Start > Control Panel. Atau tekan ikon Windows + R untuk membuka jendela Run, kemudian ketik “control” atau “control panel”.
  • Pada pilihan “Sort by”, pilih Category.
  • Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center.
  • Pilih “Change adapter settings”
  • Klik kanan pada nama perangkat modem Anda. Biasanya, nama dari modem Anda yakni Mobile Broadband.
  • Pilih Enable
  • Tunggu hingga modem Anda sudah selesai di-enable.
4. Perbaiki Slot Kartu Provider Internet

Bisa jadi, salah satu penyebab mengapa modem Anda rusak dan tidak terbaca oleh komputer atau laptop Anda alasannya yakni ada problem pada hardware modem Anda. Salah satu komponen yang biasanya bermasalah yakni slot kartu provider internet. Berikut beberapa langkah perbaikan yang sanggup Anda ikuti:
  • Siapkan modem yang rusak
  • Lepaskan baut modem pada bodi kepingan belakang dari modem Anda
  • Lepaskan semua bodi pada modem
  • Siapkan karet gelang untuk kartu provider, kemudian pasangkan karet tersebut pada kepingan tengah modem.
  • Ikatlah kartu provider internet dengan karet gelang tadi di atas lempengan tembaga 6 titik hingga posisi kartu sempurna mengenai lempengan tersebut.
  • Coba lihat pada layar monitor, apakah modem Anda sudah terbaca komputer atau belum. Jika belum perbaiki kembali posisinya. Jika posisi kartu sudah sempurna dan modem sudah terbaca oleh komputer, selanjutnya kita beralih ke kepingan epilog modem Anda
Kebutuhan internet sudah menjadi kepingan dari kehidupan masyarakat modern ketika ini Cara Memperbaiki Modem Rusak Berdasarkan Penyebabnya Dengan Praktis Dan Lengkap

Selain cara di atas, ada cara lain untuk memperbaiki slot kartu provider internet pada modem Anda. Berikut cara-caranya:
  • Siapkan kertas 3 lapis atau materi tipis yang berlapis lainnya sesuai kebutuhan. Tujuannya yakni untuk mengganjal posisi kartu provider internet
  • Siapkan juga lakban atau solasi.
  • Potong kertas dan selotip dengan panjang kurang lebih 3 (tiga) cm dan lebarnya kurang lebih 2 (dua) cm. Ukuran tersebut menyesuaikan dengan lebar dan panjang dari posisi kartu provider internet.
  • Pasang kertas dan selotip sebagai perekat pada slot kartu provider internet.
  • Pasang kembali semua kepingan bawah dari modem Anda beserta bautnya.
  • Masukkan kartu provider internet pada slot kartu modem Anda. Lalu pasang kembali epilog modem.
Lihatlah alhasil pada layar monitor komputer Anda.

5. Bersihkan Port USB Modem dan Komputer

Port USB yang kotor juga sanggup menjadi salah satu penyebab modem Anda rusak dan tidak terbaca pada komputer Anda. Port USB yang kotor sanggup mengakibatkan lempengan tembaga dari port USB komputer tidak sanggup tersambung ke lempengan tembaga dari slot USB pada modem alasannya yakni terhalang oleh debu yang menempel. Bisa jadi, kotornya port USB ini juga menjadi penyebab panasnya modem Anda ketika berfungsi. Jadi, dengan membersihkan port USB, anda telah melaksanakan salah satu cara mengatasi modem cepat panas.

Cara untuk membersihkan port USB pada komputer Anda yakni sebagai berikut:
  • Matikan komputer atau laptop Anda. Pastikan Anda telah mencabut kabel listrik komputer dari sumber listrik
  • Siapkan kuas kecil
  • Masukkan bulu-bulu kuas ke port USB pada komputer dan slot USB pada modem.
  • Usap-usap port dan slot USB secukupnya
  • Agar hasil pencucian maksimal, gunakan juga Contact Cleaner. Cara penggunaannya, Anda cukup semprotkan saja pada port USB. Kemudian, tunggu hingga kering.
Itulah beberapa tips yang mungkin sanggup dicoba oleh sobat pembaca untuk memeperbaiki modemnya. Semoga artikel cara mengatasi dan memperbaiki modem rusak menurut penyebabnya ini sanggup bermanfaat dan berhasil, selain itu juga gampang untuk dipraktekannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Modem Rusak Menurut Penyebabnya Dengan Gampang Dan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel