Ini Kesalahan Manasin Motor Di Pagi Hari, Tips Cara Manasin Motor Yang Benar

Kendaraan sepeda motor baik yang matic maupun yang non matic/sport tentunya hafal dengan ritual perawatan motor setiap harinya. Selain harus menjaga kebersihan motor juga merawat mesinnya supaya infinit masa pakainya. Ritual dipagi hari sebelum berangkat sekolah, kuliah atau bekerja ialah rutin memanaskan motor sebelum berangkat. Nah untuk yang satu ini hati-hati sob! Jangan asal manasin, gerung-gerung sebentar kemudian tancap gas. Ini kesalahan manasin motor di pagi hari, Ada tips cara manasin motor yang benar dan baik. Tentunya kita ingin sepeda motor kita terawat mesinnya dan performanya juga tetap baik kan? Lagian juga berisik manasin motor hingga di gaspol pagi-pagi. Mau dilempar sendal sama tetangga?

Kendaraan sepeda motor baik yang matic maupun yang non matic INI KESALAHAN MANASIN MOTOR DI PAGI HARI, TIPS CARA MANASIN MOTOR YANG BENAR

Kali ini saya akan membahas kesalahan yang sering dilakukan pemilik motor ketika manasin motor di pagi hari.

Manasin motor memang sangat diharapkan untuk merawat mesin motor tersebut, alasannya ialah ketika motor hambar eksklusif digunakan maka akan mengakibatkan usia mesin menjadi pendek.

Ternyata ketika proses memanasin motor banyak pemilik motor tidak sadar bahwa yang dilakukannya itu salah, kemudian apa saja kesalahannya ?

MEMAKAI ELECTRIC STARTER

Sebenarnya fungsi electric starter ialah memudahkan pemilik motor untuk menghidupkan motor atau mesini.

Namun kalau dipagi hari, hal ini sangat tidak dianjurkan dan sudah tertulis juga di pedoman perawatan motor.

Aki tanpa disadari akan mengeluarkan massanya sendiri, dan disaat malam aki akan mengeluarkannya dan tanpa pengisian ualang.

Lalu ketika belum diisi, sudah digunakan untuk daya yang berpengaruh maka otomatis kalau itu terus dilakukan secara berulang, maka karenanya akan memperpendek usia pada aki.

Maka dari itu disarankan untuk memakai kick starter atau starter manual ketika pagi hari, alasannya ialah biarkan aki mendapat pengisian daya terlebih dahulu.

Sebenarnya di sepeda motor ada pengisian aki secara sendiri melalui AC Magneto atau Spool, maka dari itu dianjurkan untuk memakai motor setiap hari minimal 2 km supaya pengisian sempurna, dan dalam kecepatan antara 40-60 km atau di gas diatas stationer.

TERLALU SEBENTAR
Terlalu sebentar melakukannya juga tidak dianjurkan, fungsi memanasin motor selain untuk mengisi daya awal aki juga melumasi bab mesin.

Maka dari itu supaya lebi maksimal usahakan ketika melaksanakan pemanasan pada motor dengan menarik handle gas di rpm minimal 3000, alasannya ialah dengan rpm segitu otomatis pengaliran oli akan lebih cepat dan maksimal.

Lakukan paling usang 3 atau 4 menit saja.

TERLALU LAMA

Kalau tadi terlalu sebentar kali ini terlalu lama, ini sangat tidak dianjurkan kalau motor kau masih bertipe pendinginan dengan memakai sirip bukan kipas apalagi radiator.

Karena dengan terlalu usang kau memanaskan motor, maka otomatis motor akan mengalami over heat atau panas berlebih, dan ini juga tidak baik.

Karena cara kerja pendinginan sirip ialah memakai angin jadi ketika motor tidak jalan maka angin juga tidak maksimal sehingga mesin tidak mendapat pendinginan yang sesuai dan mengakibatkan over heat.

TIDAK MENGGUNAKAN COOK

Ini untuk sepeda motor tipe karburator, alasannya ialah kalau tipe injeksi tidak ada Cook, dan secara otomatis memakai sensor suhu untuk membaca suhu sekitar.

Untuk karburator sering kali sepeda motor mati ketika di panasin, alasannya ialah settingan karbu tidak sanggup berubah sewaktu-waktu, mungkin saja ketika kita mengatur setellan karbu itu disaat suhu panas maka ketika di pagi hari yang membutuhkan lebih banyak bensin hal tersebut tidak berfungsi atau kurang.

Maka dari itu dibutuhkan cook (letaknya dibawah handle kiri ), fungsi cook itu sendiri untuk menambah materi bakar di sepeda motor.

Kaprikornus 4 faktor tersebut mungkin sering kali kita tidak sadar melakukannya, namun sehabis membaca ini diharapkan tidak ada kesalahan dasar ketika memanasin sepeda motor kesayangan, alasannya ialah memang biaya repair dari sepeda motor tidak murah.

Nah Demikianlah ulasan singkat perihal artikel Ini kesalahan manasin motor di pagi hari, Ada tips cara manasin motor yang benar dan baik. Semoga sanggup bermanfaat bagi anda yang biasa melakukannya sehari-hari.

Jika Artikel ini dirasa bermanfaat bagi orang lain silahkan anda share atau bagikan melalui Media sosial Dan semoga sanggup membantu yang lain menemukan solusinya. Terima kasih

Belum ada Komentar untuk "Ini Kesalahan Manasin Motor Di Pagi Hari, Tips Cara Manasin Motor Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel