Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Mudah

Bagi anda yang berdomisili di kota-kota besar ibarat Jakarta, Bekasi Dan Tangerang ataupun kota lain yang berhawa panas tentunya tugas AC dan kipas angin sangat besar artinya. Bagaimana bisa tidur nyenyak kalau udara panas dan nyamuk menyerang dengan gencar. Nah tugas kipas angin itu disini manfaat terbesarnya. Bikin udara jadi adem dan mengusir nyamuk. Repotnya kalau pas kipas angin rusak? Oke di bawah ini ada cara memperbaiki kipas angin macet, rusak, mati total dengan mudah. Intinya dimulai dara cara menyelidiki penyebab kerusakannya apa dan nantinya bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki kipas angin hingga dengan tuntas.

 Bekasi Dan Tangerang ataupun kota lain yang berhawa panas tentunya tugas AC dan kipas ang Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Mudah

Kipas angin sangat vital fungsinya untuk Anda yang berada di tempat berhawa panas. Namun ibarat halnya barang elektronik lainnya, kipas angin pun rusak atau bahkan mati total. Bila sudah begini rasa kenyamanan Anda tinggal di rumah akan berkurang. Sebelum Anda buru-buru membeli kipas angin yang baru, Anda sanggup mencoba memperbaiki kipas angin mati total tsb sendiri di rumah.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Sebelum Anda memperbaiki kipas angin mati total tsb, pastikan kipas angin tsb tidak terhubung dengan sumber arus listrik.

Daftar Periksa Penyebab Kerusakan Kipas Angin

Berikut ini ialah daftar periksa yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki kipas angin mati total:

1. Periksa kabel power kipas angin apakah ada yang terkelupas / putus.

Untuk menyelidiki kabel power yang putus di kepingan dalam kita memerlukan santunan AVO meter / multimeter. Cara memperbaiki kipas angin mati total alasannya ialah kabel power putus ialah dengan menggantinya dengan yang baru.

2. Periksa koneksi panel pada saklar pengatur kecepatan

speed switch kipas angin. Gunakan AVO meter untuk menyelidiki koneksi setiap kabel yang melekat pada panel (biasanya ada 2-3 buah kabel yang berasal dari motor kipas angin / trafo kumparan) dengan 1 buah kabel yang menuju sumber arus listrik langsung. Untuk memeriksanya potong kepingan tengah kabel, posisikan saklar AVO meter pada x1 atau x10, tempelkan setiap probe pada kabel yang berasal dari trafo / kumparan secara bergantian. Bila jarum AVO meter bergerak ke kanan artinya ada koneksi dan ini berarti kumparan kipas angin masih bagus. Bila jarum tidak bergerak artinya ada kerusakan di kepingan kumparan. Kemungkinan yang rusak / putus ialah kepingan sekering / thermofuse atau mungkin di kepingan kawat kumparan. Cara memperbaiki kipas angin mati total alasannya ialah sekering putus maka sanggup diganti dengan yang baru. Sementara cara memperbaiki kipas angin mati total alasannya ialah kumparan trafo yang rusak, maka bawalah trafo tsb ke tempat service atau ganti dengan yang baru.

3. Periksa kapasitor kipas angin. Kapasitor yang lemah, rusak, atau mati sanggup mengakibatkan kipas angin berputar lambat. 

Kapasitor biasanya berbentuk kotak hitam dan terletak di belakang tutup kipas angin. Kapasitor rusak ditandai dengan bentuk fisik menggembung, membengkak, atau pecah. Cara memperbaiki kipas angin mati total alasannya ialah kapasitor rusak ialah dengan cara mengganti kapasitor tsb dengan yang baru. Baca juga artikel sebelumnya sebagai perbandingan.

Contoh Kasus : Cara Memperbaiki Kipas Angin Merk Panasonic Mati Total

Langkah Perbaikan Kipas Angin Mati Total

Sebelum melaksanakan perbaikan, pastikan kipas angin tidak terhubung dengan sumber arus listrik.

1. Hal pertama yang saya lakukan untuk kasus kipas angin mati total ini dengan menyelidiki kabel power apakah ada yang putus untuk memeriksanya memakai Multimeter/AVO meter, namun sesudah saya periksa kabel tidak putus (jika kabel putus sambung kembali atau ganti dengan yang baru).
2. Selanjutnya menyelidiki panel tombol pengaturan kecepatan putaran kipas angin, untuk memeriksanya gunakan Multimeter/AVO meter untuk menyelidiki koneksi setiap kabel yang terhubung dengan panel biasanya ada 2-3 buah kabel yang menuju dinamo kipas angin dan 1 kabel dari sumber arus listrik, Untuk memeriksanya posisikan saklar AVO meter pada x1 atau x10, tempelkan probe pada setiap kabel yang menuju dinamo secara bergantian. Bila jarum bergerak ke kanan artinya ada koneksi/tehubung dan ini berarti kumparan kipas angin masih bagus. kalau jarum tidak bergerak artinya ada kerusakan/putus di kepingan kumparan. Kemungkinan yang rusak/putus pada kepingan sekering/thermofuse atau mungkin di kepingan kawat kumparan. Setelah saya periksa teryata ada yang tidak terkoneksi/terhubung.

3. Setelah menyelidiki sambungan pada panel, saya berkemungkinan ada yang putus pada dinamo, Kemudian saya membongkar dinamo kipas angin tersebut dan pribadi mencari sekering/thermofuse yang kemungkinan putus, untuk cara pengecekan thermofuse dengan memakai Multimeter/AVO meter dengan mengatur posisi sakelar pada x1 atau x10 pribadi posisikan kedua probe pada masing-masing kaki thermofuse.

 Bekasi Dan Tangerang ataupun kota lain yang berhawa panas tentunya tugas AC dan kipas ang Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Mudah

Jika jarum tidak bergerak bisa di pastikan thermofuse sudah rusak/putus. kalau dipastikan thermofuse sudah putus lihat thermofuse yang digunakan, pada kipas saya ini bertuliskan 2A pribadi saja saya ganti dengan yang baru, saya tidak menggantinya dengan thermofuse sama alasannya ialah tidak sanggup yang 2A jadi saya gunakan saja yang ampere diatasnya sedikit yaitu 3A dan bentuknya juga berbeda. thermofuse sanggup di beli di toko komponen Elektronika dengan harga berkisar Rp. 3000 untuk yang 3A (di tempat saya).

 Bekasi Dan Tangerang ataupun kota lain yang berhawa panas tentunya tugas AC dan kipas ang Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Mudah

Pada thermofuse yang gres jarum bergerak ke kanan menerangkan thermofuse masih berfungsi dengan baik (yaa terang masih baru) selanjutnya ganti dengan thermofuse yang gres dengan cara memotong kaki thermofuse yang usang kemudian ganti dengan yang baru.

 Bekasi Dan Tangerang ataupun kota lain yang berhawa panas tentunya tugas AC dan kipas ang Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Mudah

Setelah thermofuse diganti dengan yang gres rapikan dan pasang kembali dinamo dengan mengunci baut-baut dengan ketat.

4. Selanjutnya menyelidiki Kapasitor kipas angin, Kapasitor yang lemah, rusak, atau mati sanggup mengakibatkan kipas angin berputar lambat. Kapasitor kipas angin ini biasanya berbentuk kotak hitam dan terletak di belakang dinamo. untuk memilih Kapasitor rusak cukup melihat bentuk fisik menggembung, membengkak, atau pecah, kalau kapasitor sudah rusak pribadi ganti dengan yang baru.

 Bekasi Dan Tangerang ataupun kota lain yang berhawa panas tentunya tugas AC dan kipas ang Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Mudah

Setelah menyelidiki semua komponen, kemungkinan hanya thermofuse yang rusak dan thermofuse tersebut sudah saya ganti dengan yang baru, kemudian pribadi saja saya tes dengan menghubungkan dengan sumber arus listrik untuk menyalakan kipas dan benar saja kipas angin pribadi berfungsi dengan normal.

Nah demikianlah tips cara memperbaiki kipas angin dengan gampang dilihat dari 3 list/daftar periksa penyebab kerusakannya sehingga anda tahu bagaimana untuk memperbaiki kipas angin yang sempurna dan benar. Keuntungannya ialah memperbaiki kipas angin sendiri selain mengasah kemampuan juga sanggup menghemat pengeluaran.

Bila artikel ini dirasa menarik silahkan untuk membagikannya pada sahabat dan keluarga anda melalui media umum dan mengikuti halaman facebook kami untuk mendapat tips menarik mengenai cara memperbaiki lainnya.

Sumber acuan :
http://www.hoo-tronik.com
http://www.muhilham.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet, Rusak, Mati Total Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel