Cara Menentukan Melon Matang Dan Bagus Dengan Gampang Dan Tepat

Buah-buahan merupakan nutrisi pemanis yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bagi kesehatan badan kita. Hal ini alasannya yaitu buah-buahan mempunyai banyak vitamin yang baik bagi tubuh. Masalahnya yaitu terkadang kita kesulitan untuk menentukan buah mana yang elok dan matang, tentunya kita tidak suka kan kalo makan buah yang masih mengkal dan masam. Salah satu buah yang agak sulit untuk mengetahui sudah matang atau belum yaitu buah melon. Nah di bawah ini ada tips Cara menentukan Melon matang dan elok dengan gampang dan tepat sehingga anda tidak akan kecewa dikala nanti mengkonsumsinya di rumah.

buahan merupakan nutrisi pemanis yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bagi keseh Cara Memilih Melon Matang Dan Manis Dengan Praktis Dan Tepat

Buah melon yaitu salah satu buah dengan rasa elok dan daging yang cenderung berair, sanggup makan pribadi atau dijadikan adonan es buah. Ketika digigit akan terasa sedikit renyah dan menyegarkan, cocok sekali disantap ketika cuaca panas.

Daging melon yang elok hanya didapatkan pada buah yang sudah bau tanah dan matang saja. Yang jadi persoalan yaitu bagaimana cara membedakan yang matang dan mentah. Di lapak pedagang niscaya ada banyak melon yang diperjual belikan.

Jika anda merasa menentukan melon elok dan matang yaitu kiprah yang bikin resah maka anda tidak sendirian. Tugas ini memang sulit, apalagi kulit melon cukup tebal sehingga kita tidak sanggup menebak tingkat kemanisannya dari luar saja.

Cara Memilih Melon yang Manis

Sebagai pembeli cerdas, kita memang harus teliti sebelum membeli. Ada beberapa hal yang sanggup menjadi tanda bahwa buah melon mempunyai rasa elok dan sudah benar benar matang. Berikut inilah beberapa tanda dan ciri nya,

Cari bab yang cacat
Walaupun elok tapi kalau ada cacat ya niscaya jadi tidak enak. Hindari buah dengan kulit luar yang terlihat memar, terbelah, luka ataupun terlalu empuk ketika dipegang. Pilihlah yang tepat tanpa cacat.

Lihat kulit
Carilah buah melon dengan penampilan yang sedikit kusam, bab kulit terutama motif jaring cenderung berwarna kuning pucat. Kalau masih mentah malah terlihat cerah, mengkilap dan kehijauan.

Pada melon yang benar benar tua, motif jaring di permukaan kulit buah lebih banyak dan tebal dibandingkan yang masih muda. Dari segi rasa niscaya lebih manis.

Cek berat
Melon yang matang terasa lebih berat dibandingkan melon yang mentah. Dengan cacatan ukurannya sama, coba bandingkan dua buah melon seukuran.

Makara melon yang berukuran kecil pun sanggup elok dan sebaliknya yang besar bukan jaminan rasanya manis. Ukuran bukan tolak ukur melon sudah bau tanah dan matang.

Cium aroma
Sama halnya dengan kebanyakan buah, melon yang matang mempunyai aroma yang terasa manis. Aroma paling berpengaruh berasal dari pangkal tangkai, jikalau disana tercium aroma amis khas melon maka sanggup dipastikan rasanya manis.

Kalau kurang yakin sanggup congkel sedikit bekas tangkai buah, dari sana kita sanggup melihat sedikit daging buah melon. Tapi kalau tertangkap lembap penjual ya siap siap dimarahi hihihihi 😎

Oh ya, hindari membeli melon yang tangkainya masih melekat pada buah. Pada melon yang tua, tangkai ini sanggup lepas dengan gampang jadi seharusnya tak lagi bertangkai. Kalau tangkai terlihat dipotong dengan pisau maka kemungkinan dipanen sebelum bau tanah betul.

Ketok ketok
Ketika buah melon sudah bau tanah dan matang, biji di dalamnya akan terlepas sehingga banyak ruang kosong di dalam buah. Gunakan telapak tangan untuk menepuk buah, jikalau sudah matang akan terdengar bunyi yang dalam dan bergema.

Goyang-goyangkan
Biji yang sudah terlepas akan terdengar bergerak gerak ketika buah melon digoyangkan. Ini tandanya melon sudah elok dan siap santap.

Itulah beberapa cara menentukan melon yang manis, pastinya anda tidak akan kesulitan lagi mendapat kualitas terbaik. Namun jikalau masih ragu, tidak ada salahnya bertanya pada si kakak pedagang buah. Kalau ketemu yang jujur niscaya dengan bahagia hati akan membantu.

Jenis buah melon yang populer dengan rasa manisnya yaitu melon madu. Sama menyerupai namanya jenis ini terasa paling elok dengan buah yang lembut. Ciri fisiknya terlihat hijau keputihan dengan tekstur yang halus.

Cara Menyimpan Melon yang Sudah Matang

Melon yaitu jenis buah berair yang tidak tahan usang jikalau dibiarkan di luar ruangan. Cara terbaik penyimpanannya yaitu dengan lemari pendingin. Dalam suhu hambar melon sanggup bertahan sekitar 3-4 hari. Kalau ingin yang lebih infinit sanggup dipotong potong kemudian dimasukkan dalam wadah kedap udara dan taruh di freezer.

Melon yang dibekukan tidak akan terasa seenak buah yang masih segar. Di sisi lain tentu tidak akan jadi persoalan jikalau buah hanya dijadikan adonan minuman dingin. Toh rasa elok khas melon masih ada, yang hilang hanyalah tekstur renyah daging buah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Cara Memilih Melon Matang Dan Manis Dengan Praktis Dan Tepat. Semoga tips sederhana ini sanggup bermanfaat bagi anda yang biasa mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya. Bila artikel ini dirasa bermanfaat silahkan untuk mengikuti fanspage kami di facebook alasannya yaitu mungkin artikel berikutnya berkhasiat bagi sobat pembaca.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menentukan Melon Matang Dan Bagus Dengan Gampang Dan Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel